Langkah – langkah-nya sebagai berikut :
- Entry identitas perusahaan.
- Buat bagan akun (chart of account) beserta saldonya.
- Atur kode pajak (List – Tax Codes).
- Atur Link-link account yang diperlukan (Banking, Purchase & Sales).
- Card File (supplier, costumer & Inventory) beserta saldonya.
- Transaksi.
- Laporan
Cara –cara menghapus akun-akun yang tidak terpakai :
- Double Klik account yang akan kita hapus.
- Pastikan account tersebut tidak terkait dengan link yang ada.
- Klik edit pada toolbar, kemudian klik delete account.
Cara memasukkan saldo awal :
- Klik set-up pada toolbar.
- Klik balance
- Account opening balance (neraca saldo), supplier balance (saldo hutang) & costumer Balance (saldo piutang)
Saldo awal persediaan barang dagang (inventory)
- Klik jendela inventory pada command centre
- klik adjust inventory
- masukkan kuantitas dan harga per-unit-nya.
Transaksi :
- Pengeluaran kas :
- setiap transaksi pengeluaran kas diluar dari pembayaran faktur atas hutang dagang, dilakukan melalui jendela Banking – Spend Money.
- Transaksi pengeluaran kas untuk pembayaran faktur / hutang dagang melalui jendela Purchase – Pay Bill.
- Penerimaan Kas :
- setiap transaksi penerimaan kas diluar dari penerimaan faktur atas piutang dagang, dilakukan melalui jendela Banking – Receive Money.
- Transaksi penerimaan kas untuk penerimaan faktur / piutang dagang melalui jendela Sales – Receive Payment.
- Penjualan :
Seluruh transaksi penjualan (tunai/kredit) dilakukan melalui jendela Sales – Enter Sales,
yang membedakan hanyalah pada “applied today”. Jika
penjualan/penerimaan secara tunai; maka applied today-nya harus diisi,
namun jika penjualan/penerimaan secara kredit; maka applied today-nya
dikosongkan.
- Pembelian :
Seluruh transaksi pembelian (tunai/kredit) dilakukan melalui jendela Purchase – Enter Purchase,
yang membedakan hanyalah pada “applied today”. Jika pembelian secara
tunai; maka applied today-nya harus diisi, namun jika pembelian secara
kredit; maka applied today-nya dikosongkan.
- Transaksi lain :
Untuk transaksi lain-nya seperti voucher kas kecil dan penyesuaian melalui jurnal umum, dengan cara klik jendela account – Record Journal entry.
Laporan :
untuk
melihat hasil kerja yang telah kita lakukan, klik report kemudian pilih
laporan yang ingin kita ketahui (segala laporan telah disediakan
daftarnya oleh software ini) kemudian klik display; laporan akan
dimunculkan sesuai dengan tanggal yang kita minta.
makasih jadi tahu membantu banget
BalasHapuskartu member alfamart