Rabu, 13 November 2013

Anggaran Piutang

ANGGARAN PIUTANG

Piutang adalah salah satu bentuk investasi. Sebagai salah satu bentuk invesatsi

maka piutang :

· Menyerap sejumlah dana modal kerja

· Mempunyai usia tertentu sesuai dengan waktu keterikatannya

· Mempengaruhi tingkat risiko perusahaan secara keseluruhan

· Perlu dimonitor tingkat efisiensinya

Anggaran piutang adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang jumlah piutang perusahaan beserta perubahan-perubahannya dari waktu ke waktu selama periode yang akan datang

Manfaat anggaran piutang bagi perusahaan sebagai berikut:

Merupakan upaya untuk meningkatkan omzet penjualan, sehingga keuntungan juga dapat ditingkatkan
Pada jenis usaha tertentu, kredit jangka panjang dapat menciptakan keuntungan tambahan tertentu bagi perusahaan
Dapat mempererat hubungan dagang antara perusahaan dengan relasinya

Dengan anggaran piutang dapat ditunjukkan hal-hal berikut ini :

Menunjukkan besarnya putang yang terjadi dari waktu ke waktu
Menunjukkan jumlah piutang yang tertagih dari waktu ke waktu
Menunjukkan sisa piutang yang belum tertagih ari waktu ke waktu selama periode yang akan datang

6 faktor yang perlu dipertimbangkan menyusun anggaran piutang :

anggaran penjualan
keadaan persaingan di pasar
posisi perusahaan dalam persaingan
syarat pembayaran yang ditawarkan perusahaan
kebijakan perusahaan dalam penagihan piutang
rencana perusahaan untuk melakukan penjualan secara kredit aktiva-aktiva lain, selain barang hasil produksinya.

Pengaruh penjualan kredit terhadap arus kas yaitu :

jangka waktu kredit itu diberikan
kerajinan dari petugas penagih hutang
mutu dari para debitur yang diperdaya membeli barang dagang kredit
situasi usaha pada umumnya

Beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya penjualan kredit antara lain :

_ Merupakan upaya untuk meningkatkan omzet penjualan.

Pembeli yang tidak memiliki likuiditas tinggi mungkin sekali akan terdorong untuk

melakukan pembelian, dengan demikian kebijaksanaan kredit dapat meningkatkan

daya saing perusahaan.

_ Dengan meningkatnya volume penjualan maka keuntunganpun diharapkan akan

meningkat. Dengan demikian kredit akan mempunyai akibat yang positif dari segi

penilaian investasi secara keseluruhan.

_ Dengan adanya hubungan hutang piutang maka hubungan dagang antara perusahaan

dengan para pembelinya menjadi lebih erat, sehingga kredit menjamin kontinyuitas

hubungan.

_ Pada jenis usaha tertentu (produsen rumah murah, perdagangan kendaraan bermotor)

dimana hubungan kredit berjangka lama, maka kredit menciptakan keuntungan

tambahan bagi penjual.

Berbagai jenis beban dan biaya yang timbul karena perusahaan menjual secara kredit

antara lain berupa :

_ Beban biaya modal

Piutang sebagai salah satu bentuk investasi akan meyerap modal yang tersedia. Maka

dengan adanya piutang, modal yang tersedia untuk investasi lain akan berkurang.

Dengan adanya piutang dagang kebutuhan modal kerja akan meningkat.

_ Biaya administrasi piutang

Biaya ini terdiri dari : biaya organisasi (unit kerja) yang menangani/mengelola

piutang serta biaya penagihan

_ Piutang mungkin tidak seluruhnya dapat ditagih, sehingga timbul piutang macet atau

tak tertagih

Piutang dapat memberikan tambahan keuntungan, namun dapat juga mengakibatkan

timbulnya keugian, maka perlu dibuat suatu kebijaksanaan yang jelas untuk mengatur

masalah tersebut. Berbagai langkah yang perlu dipersiapkan antara lain :

a. Dibentuknya unit kerja yang khusus mengurusi piutang

o Mencari langganan potensial

o Menyeleksi calon debitur

o Membukukan transaksi

o Melakukan penagihan piutang

b. Digariskannya kebijakan piutang yang jelas sebagai pedoman unit kerja

o Penentuan Plafon kredit

o Penentuan jangka waktu kredit

o Pedoman seleksi calon debitur

o Penentuan jumlah piutang

c. Penentuan criteria untuk mengukur efisiensi pengelolaan piutang, dengan indicator :

o Tingkat perputaran piutang

o Persentase piutang tak tertagih yang sebenarnya (perlu dibandingkan dengan ratarata

piutang tak tertagih untuk industri sejenis)

o Usia piutang rata-rata (dapat dikelompokkan berapa % piutang yang masih berada

dalam batas waktu piutang yang seharusnya, bulan terlambat dsb)

o Biaya pengelolaan setiap Rp 1.000.000 piutang

2. PENGERTIAN DAN FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

PENYUSUNAN ANGGARAN PIUTANG

Yang dimaksud dengan budget atau anggaran piutang adalah budget atau

anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang jumlah piutang perusahaan

beserta perubahannya dari waktu ke waktu selama periode yang akan datang.

Sehingga budget piutang menunjukkan besarnya piutang dari waktu ke waktu karena

perusahaan mengadakan transaksi-transaksi penjualan kredit, mennjukkan sisa piutang

yang belum tertagih.

Anggaran piutang scara khusus berguna sebagai dasar untuk menyusun Anggaran Kas,

karena penagihan piutang tersebut merupakan pemasukan kas.

Penjualan kredit neto

Tingkat perputaran piutang =

Piutang rata-rata

Piutang rata-rata = (piutang awal + piutang akhir) :2

Faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan Anggaran Piutang, antara lain :

_ Anggaran Penjualan

Khususnya rencana tentang jenis dan jumlah barang yang akan dijual

_ Keadaan persaingan di pasar

Persaingan yang lebih keras akan memaksa perusahaan untuk lebih banyak

melakukan transaksi penjualan secara kredit, sehingga memperbesar piutang.

_ Posisi perusahaan dalam persaingan

Jika posisi perusahaan cukup kuat, maka perusahaan dapat memaksakan penjualan

secara tunai, sehingga memperkecil penjualan kredit.

_ Syarat pembayaran yang ditawarkan.

Jika potongan penjualan yang ditawarkan cukup menarik, maka akan mendorong

pembeli untuk melakukan pembelian secara tunai.

_ Kebijakan perusahaan dalam penagihan piutang

Penagihan piutang yang lebih aktif akan mempercepat pemasukan piutang.

Piutang adalah salah satu bentuk investasi. Sebagai salah satu bentuk invesatsi

maka piutang :

· Menyerap sejumlah dana modal kerja

· Mempunyai usia tertentu sesuai dengan waktu keterikatannya

· Mempengaruhi tingkat risiko perusahaan secara keseluruhan

· Perlu dimonitor tingkat efisiensinya

Anggaran piutang adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang jumlah piutang perusahaan beserta perubahan-perubahannya dari waktu ke waktu selama periode yang akan datang

Manfaat anggaran piutang bagi perusahaan sebagai berikut:

Merupakan upaya untuk meningkatkan omzet penjualan, sehingga keuntungan juga dapat ditingkatkan
Pada jenis usaha tertentu, kredit jangka panjang dapat menciptakan keuntungan tambahan tertentu bagi perusahaan
Dapat mempererat hubungan dagang antara perusahaan dengan relasinya

Dengan anggaran piutang dapat ditunjukkan hal-hal berikut ini :

Menunjukkan besarnya putang yang terjadi dari waktu ke waktu
Menunjukkan jumlah piutang yang tertagih dari waktu ke waktu
Menunjukkan sisa piutang yang belum tertagih ari waktu ke waktu selama periode yang akan datang

6 faktor yang perlu dipertimbangkan menyusun anggaran piutang :

anggaran penjualan
keadaan persaingan di pasar
posisi perusahaan dalam persaingan
syarat pembayaran yang ditawarkan perusahaan
kebijakan perusahaan dalam penagihan piutang
rencana perusahaan untuk melakukan penjualan secara kredit aktiva-aktiva lain, selain barang hasil produksinya.

Pengaruh penjualan kredit terhadap arus kas yaitu :

jangka waktu kredit itu diberikan
kerajinan dari petugas penagih hutang
mutu dari para debitur yang diperdaya membeli barang dagang kredit
situasi usaha pada umumnya

Beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya penjualan kredit antara lain :

_ Merupakan upaya untuk meningkatkan omzet penjualan.

Pembeli yang tidak memiliki likuiditas tinggi mungkin sekali akan terdorong untuk

melakukan pembelian, dengan demikian kebijaksanaan kredit dapat meningkatkan

daya saing perusahaan.

_ Dengan meningkatnya volume penjualan maka keuntunganpun diharapkan akan

meningkat. Dengan demikian kredit akan mempunyai akibat yang positif dari segi

penilaian investasi secara keseluruhan.

_ Dengan adanya hubungan hutang piutang maka hubungan dagang antara perusahaan

dengan para pembelinya menjadi lebih erat, sehingga kredit menjamin kontinyuitas

hubungan.

_ Pada jenis usaha tertentu (produsen rumah murah, perdagangan kendaraan bermotor)

dimana hubungan kredit berjangka lama, maka kredit menciptakan keuntungan

tambahan bagi penjual.

Berbagai jenis beban dan biaya yang timbul karena perusahaan menjual secara kredit

antara lain berupa :

_ Beban biaya modal

Piutang sebagai salah satu bentuk investasi akan meyerap modal yang tersedia. Maka

dengan adanya piutang, modal yang tersedia untuk investasi lain akan berkurang.

Dengan adanya piutang dagang kebutuhan modal kerja akan meningkat.

_ Biaya administrasi piutang

Biaya ini terdiri dari : biaya organisasi (unit kerja) yang menangani/mengelola

piutang serta biaya penagihan

_ Piutang mungkin tidak seluruhnya dapat ditagih, sehingga timbul piutang macet atau

tak tertagih

Piutang dapat memberikan tambahan keuntungan, namun dapat juga mengakibatkan

timbulnya keugian, maka perlu dibuat suatu kebijaksanaan yang jelas untuk mengatur

masalah tersebut. Berbagai langkah yang perlu dipersiapkan antara lain :

a. Dibentuknya unit kerja yang khusus mengurusi piutang

o Mencari langganan potensial

o Menyeleksi calon debitur

o Membukukan transaksi

o Melakukan penagihan piutang

b. Digariskannya kebijakan piutang yang jelas sebagai pedoman unit kerja

o Penentuan Plafon kredit

o Penentuan jangka waktu kredit

o Pedoman seleksi calon debitur

o Penentuan jumlah piutang

c. Penentuan criteria untuk mengukur efisiensi pengelolaan piutang, dengan indicator :

o Tingkat perputaran piutang

o Persentase piutang tak tertagih yang sebenarnya (perlu dibandingkan dengan ratarata

piutang tak tertagih untuk industri sejenis)

o Usia piutang rata-rata (dapat dikelompokkan berapa % piutang yang masih berada

dalam batas waktu piutang yang seharusnya, bulan terlambat dsb)

o Biaya pengelolaan setiap Rp 1.000.000 piutang

2. PENGERTIAN DAN FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

PENYUSUNAN ANGGARAN PIUTANG

Yang dimaksud dengan budget atau anggaran piutang adalah budget atau

anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang jumlah piutang perusahaan

beserta perubahannya dari waktu ke waktu selama periode yang akan datang.

Sehingga budget piutang menunjukkan besarnya piutang dari waktu ke waktu karena

perusahaan mengadakan transaksi-transaksi penjualan kredit, mennjukkan sisa piutang

yang belum tertagih.

Anggaran piutang scara khusus berguna sebagai dasar untuk menyusun Anggaran Kas,

karena penagihan piutang tersebut merupakan pemasukan kas.

Penjualan kredit neto

Tingkat perputaran piutang =

Piutang rata-rata

Piutang rata-rata = (piutang awal + piutang akhir) :2

Faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan Anggaran Piutang, antara lain :

_ Anggaran Penjualan

Khususnya rencana tentang jenis dan jumlah barang yang akan dijual

_ Keadaan persaingan di pasar

Persaingan yang lebih keras akan memaksa perusahaan untuk lebih banyak

melakukan transaksi penjualan secara kredit, sehingga memperbesar piutang.

_ Posisi perusahaan dalam persaingan

Jika posisi perusahaan cukup kuat, maka perusahaan dapat memaksakan penjualan

secara tunai, sehingga memperkecil penjualan kredit.

_ Syarat pembayaran yang ditawarkan.

Jika potongan penjualan yang ditawarkan cukup menarik, maka akan mendorong

pembeli untuk melakukan pembelian secara tunai.

_ Kebijakan perusahaan dalam penagihan piutang

Penagihan piutang yang lebih aktif akan mempercepat pemasukan piutang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar